Friday, May 23, 2014

SMGR Siapkan Rp7,5 Triliun untuk Bangun 2 Pabrik Baru

SMGR Siapkan Rp7,5 Triliun untuk Bangun 2 Pabrik Baru 
 Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menyatakan akan mempersiapkan dua pabrik baru. Hal tersebut untuk menghadapi daya saing yang tinggi pada tahun 2016.

"Dana yang kami siapkan ini berkisar antara Rp7,5 triliun hingga Rp8 triliun," ujar Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), Dwi Sutjipto, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Dirinya mengatakan, lokasi yang di pilih adalah Padang dan Rembang. Dua pabrik ini akan melakukan groundbreaking pada akhir Mei dan Juni.

"Groundbreaking itu  memastikan kesiapan kita untuk menjaga daya saing kita di tahun 2016," paparnya.

Dua pabrik tersebut, lanjutnya, akan diorientasikan untuk keperluan domestik. Selain dua pabrik itu, SMGR berencana melakukan pembangunan pabrik yang target operasinya taun 2017 dan 2018.

"Kapasitas produksi dua pabrik ini mencapai 6 juta ton per tahun, atau masing-masing sekitar 3 juta ton per tahun," jelasnya.

Dirinya mengatakan, kapasitas 3 juta ton per tahun di tiap pabrik diharapkan akan menambah kapasitas yang ada yaitu 35 juta ton, sehingga totalnya menjadi 38 juta ton.

Jika bicara mengenai iklim industri maka para pelaku industri semen akan melihat bahwa semen Indonesia yang begitu besar telah mengambil action penambahan kapasitas. "Tentu saja orang akan melihat bahwa kondisi industri semen di Indonesia cukup menarik untuk jangka panjang," jabarnya. (rzy)